Halaman

Untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik, SMP Puri Artha Melakukan Rumpi Pagi Setiap Hari



Dok. Pribadi
Untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik, SMP Puri Artha Melakukan "Rumpi Pagi" Setiap Hari
Oleh: Cecep Gaos, S.Pd

Pada tanggal 13 Juli 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menetapkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). Berdasarkan Permendikbud tersebut, PBP dimaksudkan salah satunya untuk menumbuhkembangkan kebiasaan yang baik sebagai bentuk pendidikan karakter pada diri siswa.

PBP ini dapat dilaksanakan dalam bentuk umum, harian, mingguan, bulanan, tengah tahunan, dan/atau tahunan. Hal ini sebagaimana tercantum pada Pasal 4 ayat (3) di dalam Permendikbud tersebut.

Di SMP Puri Artha Karawang, untuk mewujudkan pelaksanaan PBP ini, salah satunya dengan  cara melakukan “Rumpi Pagi” yang dilaksanakan rutin setiap hari pada pagi hari sebelum kegiatan KBM dimulai. “Rumpi Pagi” adalah singkatan dari Rutinitas Murid SMP Puri Artha Setiap Pagi.

“Rumpi Pagi” ini dilaksanakan oleh seluruh peserta didik bersama dengan wali kelas di kelas masing-masing selama 30 menit setiap pagi yang dimulai dari pukul 07.00 s.d. 07.30 WIB.

Ada empat hal yang dilakukan dalam kegiatan ini, yaitu Berdoa, Menyanyikan Lagu Wajib Nasional, Membaca Alquran, dan Membaca Doa Khotmil Quran (Doa setelah Membaca Alquran).

Dalam kegiatan berdoa, para peserta didik bersama dengan wali kelas membaca surat Alfatihah. Bagi nonmuslim, disilakan untuk membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Kegiatan berdoa ini dipimpin oleh ketua kelas atau peserta didik lain secara bergiliran. Setelah berdoa, seluruh peserta didik berdiri untuk memberikan salam kepada wali kelasnya.
Dok. Pribadi
Masih dalam posisi berdiri, seluruh peserta didik dan wali kelas kemudian melakukan kegiatan kedua, yaitu menyanyikan lagu wajib nasional. Judul lagu wajib nasional yang dinyanyikan diganti secara berkala. Menyanyikan lagu wajib nasional ini dipimpin oleh seorang peserta didik, yang bertindak sebagai dirigen, secara bergiliran.
Dok. Pribadi
Setelah selesai menyanyikan lagu wajib nasional, seluruh peserta didik dan wali kelas disilakan duduk kembali. Kemudian melakukan kegiatan ketiga, yaitu mengaji atau membaca ayat-ayat suci Alquran. Dalam kegiatan mengaji ini, mereka membaca ayat-ayat Alquran melalui Alquran digital yang sudah terpasang pada Tablet mereka masing-masing.
Dok. Pribadi
 Setelah membaca ayat-ayat suci Alquran, kegiatan ini diakhiri dengan membaca doa Khotmil Quran. Adapun doa Khotmil Quran adalah sebagai berikut.   
Sumber: http://sabdacyber.com 
Setelah selesai membaca doa Khotmil Quran, wali kelas memberikan nasihat-nasihat dan penguatan-penguatan tentang pentingnya karakter atau budi pekerti ataupun tentang hal-hal lain yang dapat memberikan semangat kepada seluruh peserta didik.

Seperti apa kegiatan “Rumpi Pagi” ini? Silakan tonton videonya pada TAUTAN INI.

Demikianlah sekilas tentang salah satu kegiatan PBP yang dilaksanakan di SMP Puri Artha Karawang. Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter atau budi pekerti para peserta didik sebagai bekal mereka di masa yang akan datang.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menginspirasi. []

#CG @Karawang, 25-01-2019

7 Responses to "Untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik, SMP Puri Artha Melakukan Rumpi Pagi Setiap Hari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel