Halaman

RPP Inspiratif RPP Merdeka Belajar

Sumber gambar: RPP Inspiratif

RPP Inspiratif RPP Merdeka Belajar

Literahati.com - Salam Literahati! Selamat datang kembali di blog sederhana literahati.com, blog tentang hati, literasi dan edukasi.

Kali ini Admin akan membagikan informasi tentang contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Inspiratif Merdeka Belajar.

Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun Buku contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Inspiratif Merdeka Belajar.

Dalam pengantarnya, Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Dr. Awaluddin Tjalla, mengatakan bahwa selama ini para pendidik mengeluhkan tentang beratnya beban administrasi, khususnya dalam penyusunan RPP. Pendidik merasa bahwa komponen yang harus ada di RPP selama ini terlalu banyak. Oleh karena itu, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menyusun contoh RPP inspiratif untuk pendidik. RPP ini hanya berisi satu lembar, dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktivitas, dan penilaian.

Baca juga: Buku Saku RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Merdeka Belajar Tahun 2020

Lebih lanjut Awaluddin mengatakan bahwa penyusunan RPP inspiratif tersebut tidak sekadar mengurangi banyaknya halaman menjadi satu halaman. Melainkan juga pendidik diberikan kemerdekaan untuk menyusun RPP bukan karena banyaknya halaman, tetapi bagaimana mengonstruksi rencana itu secara global dan mudah dipahami dalam menerjemahkannya pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM)

Contoh RPP inspiratif yang tercantum di dalam buku RPP Inspiratif ini disusun dari PAUD hingga pendidikan dasar dan menengah serta SLB.

Tidak semua mata pelajaran disusun, tetapi diharapkan contoh RPP tersebut dapat mewakili mata pelajaran yang lainnya.

Contoh RPP Inspiratif selengkapnya dapat dibaca di bawah ini.




Buku RPP Inspiratif ini dapat diunduh (download) DISINI.

Demikianlah informasi tentang RPP Inspiratif yang dapat Admin bagikan.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Buku Saku RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Merdeka Belajar Tahun 2020

Baca juga: Surat Edaran Kemdikbud Tentang Penyederhanaan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

2 Responses to "RPP Inspiratif RPP Merdeka Belajar "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel