Halaman

Media Pembelajaran “Digital Ranking-1 Board” Dapat Melejitkan Motivasi Belajar Peserta Didik


Dok. Pribadi

Media Pembelajaran “Digital Ranking-1 Board” Dapat Melejitkan Motivasi Belajar Peserta Didik
Oleh: Cecep Gaos, S.Pd

Untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran, banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang guru. Guru dapat menggali kreativitasnya dan melakukan terobosan-terobosan atau inovasi dalam hal penggunaan metode, model, teknik, media pembelajaran, dan lain sebagainya.

Pada tulisan ini, saya ingin memaparkan tentang penerapan sebuah inovasi dan kreativitas dalam sebuah proses pembelajaran, terutama dalam tahap evaluasi. Adapun inovasi dan kreativitas yang saya paparkan dalam tulisan ini berfokus pada penggunaan media pembelajaran.

Beberapa waktu yang lalu, saya telah menulis tentang penerapan sebuah media pembelajaran yang saya beri nama “Ranking-1 Board” atau papan ranking-1. Media pembelajaran ini menggunakan papan kecil, spidol papan tulis, dan penghapus sebagai media utamanya. Pemaparan selengkapnya mengenai “Ranking-1 Board” ini bisa dibaca pada tulisan berjudul “Penggunaan MediaPembelajaran “Ranking-1 Board” untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi BelajarSiswa”.

Kemudian pada hari Senin yang lalu (14/01/2019), saya telah mencoba menerapkan media “Ranking-1 Board” ini yang saya kemas ke dalam bentuk digital. Media utama yang digunakan adalah Samsung Galaxy Tab A-8 with S-Pen. Tab ini dilengkapi dengan S-Pen sebagai alat tulis dan juga media tulis bernama S-Note. Dengan adanya S-Pen dan S-Note ini, baik guru maupun peserta didik dapat menulis secara digital.

Samsung Galaxy Tab with S-Pen (Dok. Pribadi)

Pada kesempatan itu, saya terapkan penggunaan media “Ranking-1 Board” dalam bentuk digital ini pada mata pelajaran PPKn yang saya ajar di kelas VII SMP Puri Artha Karawang. Penggunaan media digital ini sangat mungkin diterapkan di SMP Puri Artha karena memang guru dan setiap peserta didik dibekali Tab Samsung dalam pembelajaran (One Student One Tab).

Penerapan “Ranking-1 Board” dalam bentuk digital tidak jauh berbeda dengan penerapan media “Ranking-One Board” dalam bentuk nondigital atau konvensional.

Secara garis besar, penerapan media pembelajaran ini melalui tahap persiapan dan pelaksanaan. Tahap pertama yaitu tahap persiapan. Pada tahap ini, guru membuat paket pertanyaan (dilakukan sebelum pembelajaran) dan menjelaskan aturan main. Isi aturan main dibuat oleh guru disesuaikan dengan kebutuhan.

Guru Menjelaskan Aturan Main (Dok. Pribadi)

Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan. Pada tahap ini, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terbagi ke dalam beberapa babak untuk menyaring atau menyeleksi peserta didik ke babak selanjutnya.

Dalam tahap pelaksanaan ini, guru memberikan pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya kepada para peserta didik. Kemudian mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan cara menuliskannya pada S-Note yang terdapat pada Tab masing-masing. Ukuran dan warna tulisan pada S-Note tersebut sebelumnya diset sedemikian rupa, sehingga guru bisa melihatnya dengan jelas dari depan tanpa harus mendekati setiap peserta didik.
Tahap Pelaksanaan (Dok. Pribadi)

Pada setiap babak, peserta didik yang jawabannya salah berkumpul di depan kelas. Hal ini dilakukan agar mereka tidak mengganggu peserta didik lain yang masih bertahan. Sementara itu, peserta didik yang jawabannya benar, tetap duduk di tempat duduknya masing-masing untuk melanjutkan permainan ke babak berikutnya.

Pada babak selanjutnya, guru kembali memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta didik yang masih bertahan. Proses tersebut terus berlanjut dari satu babak ke babak berikutnya hingga peserta didik yang mampu bertahan jumlahnya berkurang dan pada akhirnya diperoleh satu orang pemenang.

Selama proses ini, terlihat antusiasme atau semangat dari para peserta didik. Kelas pun menjadi terasa lebih hidup. Antusiasme dari para peserta didik ini menunjukkan bahwa motivasi mereka dalam belajar begitu besar. Dengan demikian, diharapkan prestasi belajar mereka bisa menjadi lebih meningkat.

Demikianlah pemaparan singkat tentang penggunaan media digital “Ranking-1 Board” pada  proses pembelajaran, terutama pada proses evaluasi. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. []

#CG @Karawang, 24-01-2018


2 Responses to " Media Pembelajaran “Digital Ranking-1 Board” Dapat Melejitkan Motivasi Belajar Peserta Didik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel