Halaman

EPISTEMOFILIA | Dialektika Teori Sastra Kontemporer Narudin

EPISTEMOFILIA | Dialektika Teori Sastra Kontemporer Narudin

Sumber gambar: SS Cover Buku Epistemofilia


Literahati.Com - Salam Literahati! Selamat datang kembali di blog sederhana Literahati.Com, blog tentang hati, literasi dan edukasi.

Kali ini, Literahati.Com akan berbagi informasi tentang buku berjudul EPISTEMOFILIA Dialektika Teori Sastra Kontemporer yang ditulis oleh Narudin. 

Siapa Narudin?

Narudin atau Narudin Pituin adalah seorang sastrawan,  penerjemah, dan kritikus sastra Indonesia yang cukup populer di kalangan sastrawan Indonesia saat ini. Narudin dilahirkan di Subang, Jawa   Barat,  pada tanggal 15 Oktober  1982. Pada tahun 2006, Narudin lulus dari Sastra Inggris, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Di kancah dunia pendidikan, Narudin pernah  mengamalkan ilmunya dengan mengajar beberapa mata kuliah, seperti Writing, Public Speaking, English, TOEFL, Critical Discourse Analysis  (CDA), Vocal Technique, dan Contemporary Sociology, di beberapa universitas atau perguruan tinggi dan sekolah internasional di Bandung, Bogor, dan Jakarta. 

Berbicara tentang prestasi, Narudin telah menorehkan prestasi sebagai pemenang Anugerah Puisi CSH pada tahun  2018 untuk  buku puisinya yang  berjudul "Di Atas Tirai-tirai Berlompatan" yang diterbitkan oleh Mahara Publishing, IKAPI, 2017. 

Buku-buku Narudin lainnya yang telah diterbitkan adalah Ranting Mimpi di Matamu (Balai Pustaka, 2019). dan buku puisi yang berjudul Lirik Tapak Dara (Meja Tamu, 2020).

Beberapa tulisan  Narudin  berupa  puisi, prosa, esai dan kritik sastra, serta terjemahan telah dimuat di Majalah Sastra Horison, Majalah Basis, Kompas, Media  Indonesia, Seputar Indonesia, Pikiran Rakyat, Galamedia, dan lain sebagainya.

Selain itu, puisi-puisi Narudin terhimpun dalam antologi 100 Penyair Indonesia-Malaysia, Matahari Cinta Samudra Kata: Antologi Puisi HPI 2016 216 Penyair Indonesia, dan Mencari Mimpi: Puisi Modern Indonesia dalam Terjemahan (Moscow, 2016).

Kemudian, sedereten buku lain telah berhasil ia terbitkan. Beberapa di antaranya adalah buku teori sastra Narudin  berjudul  Teori Sastra Kontemporer: Formalisme, Strukturalisme,  dan  Semiotika (UPI  Press,  Bandung, 2018).  Selain itu, buku  kumpulan esai dan  kritik  sastranya yang berjudul Kata, Makna, dan  Komunikasi  (UPI   Press,   Bandung, 2019). Lalu, buku kumpulan cerpennya berjudul Dua Raja Cerpen (Mahara Publishing, IKAPI, 2017).  Kemudian, buku  bahasa  Indonesia untuk  perguruan tinggi yang berjudul Cemerlang  Berbahasa  Indonesia (Qiara Media, 2019).

Narudin  menerjemah banyak buku puisi bahasa Indonesia ke dalam bahasa  Inggris, yaitu buku karya Cecep Syamsul Hari,  Dewa  Putu  Sahadewa,  Sastri Bakry, Jasni Matlani,  Kurcaci Berpuisi: Puisi Anak Indonesia Pilihan, Shafwan Hadi Umry, dan L.K. Ara (2 buku puisi). Ia juga telah menerjemah  satu buku cerpen ke dalam  bahasa  Inggris karya Cecep Syamsul Hari, berjudul  Partita No. 3 (2013). Selain itu, Narudin  menerjemah 3 buku puisi asing ke dalam  bahasa  Indonesia, salah  satu  buku  puisi  terjemahannya berjudul Puisi-puisi Dunia Terjemahan Narudin (Meja Tamu, 2019).

Buku puisi anak terjemahan  Inggris Narudin, berjudul Kurcaci Berpuisi:  Puisi Anak  Indonesia Pilihan (2017) terpilih, mendapat penghormatan dibedah di Singapura. Buku puisi Sastri Bakry terjemahan Inggris Narudin, Truth without Fear (2015), turut mengantar Sastri  Bakry  meraih  Tokoh Srikandi Numera 2016, di Malaysia.

Selain itu, buku hasil riset sastra Narudin yang menghebohkan berjudul Membawa Puisi ke Tengah  Gelanggang: Jejak dan Karya Denny JA (2017). Selanjutnya, artikel  ilmiah  Narudin  tentang sastra  dimuat di buku Malay-Indonesian  Studies, Issue XX (Moscow,  2018) atas rekomendasi  Dr. Victor Pogadaev, orientalis dari Rusia.

Sebagai bukti kedalaman ilmunya dalam dunia sastra, Narudin  sering diundang sebagai pembedah buku sastra atau pemakalah seminar, baik tingkat nasional maupun internasional. 

Epistemofilia, Dialektika Teori Sastra Kontemporer Narudin?

Buku Epistemofilia, Dialektika Teori Sastra Kontemporer karya Narudin diterbitkan oleh CV. Penerbit Qiara Media- Pasuruan, Jawa Timur. Buku ini ber-ISBN: 978-623-680-704-0. Buku ini merupakan cetakan pertama tahun 2020. 


Buku ini dikatapengantari oleh Dr. Saifur Rohman, pengajar  tetap  untuk  Mata  Kuliah “Studi Sastra dan Budaya” di Program Doktor Universitas Negeri  Jakarta. Menurut Dr. Saifur Rohman, buku ini memberikan sebuah wawasan yang lengkap dan jernih tentang teori sastra selama satu abad terakhir. 

Selanjutnya perlu disampaikan bahwa, buku ini berisi dua bab, yaitu Bab I  "Dialektika Teori Sastra: Konsep Dasar" dan Bab II "Dialektika Teori Sastra: Konsep Lanjut". Selain itu, di bagian akhir buku ini disisipkan sebuah lampiran yang berisi tentang diskusi pemikiran Semiotika Michael Riffaterre oleh Narudin. 

Pada Bab I, Narudin memaparkan tentang pengertian teori. Kemudian, Narudin pun memaparkan tentang pengertian sastra dan fungsinya. Selanjutnya Narudin menjelaskan tentang siapa penutur, apa maknanya, dan siapa pembacanya melalui satu bait puisi. Selain itu, Narudin memaparkan beberapa hal penting terkait puisi, novel, dan cerita pendek. 

Pada Bab II, Narudin memaparkan tentang Formalisme Rusia dan Strukturalisme Praha. Kemudian, Narudin memaparkan tentang kritik sastra baru yang berasal dari Inggris dan Amerika. 

Selanjutnya, Narudin memaparkan tentang Hermeneutika atau ilmu interpretasi dan tujuannya, yang bermula dari karya teolog Jerman abad ke-16. 

Tidak ketinggalan, pada Bab II ini, Narudin pun memaparkan tentang pendekatan linguistik yang telah memengaruhi kritik sastra. Selanjutnya, teori-teori sastra pun dipaparkannya secara rinci dan jelas.  

Pada bagian lampiran "Diskusi pemikiran Semiotika Michael Riffaterre", Narudin memaparkan tentang biografi ringkas Michael Riffaterre, karya-karya Michael Riffaterre, dan pemikiran-pemikiran Michael Riffaterre. Setelah itu, Narudin mengangkat diskusi tentang beberapa pokok pemikiran Michael Riffaterre.  

Selanjutnya? 

Untuk mengetahui pemikiran Narudin tentang dialektika teori sastra kontemporer secara lebih lengkap, sahabat sastra dapat membaca buku Epistemofilia Dialektika Teori Sastra Kontemporer Narudin. Untuk mendapatkan buku tersebut, dapat menghubungi Narudin di alamat FB: Narudin Pituin atau WA: +62 81-320-157-589. Jika ingin mengundangnya sebagai pembedah buku sastra, pembicara atau pemakalah seminar sastra pun dapat menguhubunginya di alamat FB dan no WA tersebut.    

Sebagai hadiah Lebaran, e-Book buku tersebut dapat dimiliki secara GRATIS dengan menghubungi nomor WA Narudin tersebut di atas.   

Demikianlah informasi tentang buku EPISTEMOFILIA Dialektika Teori Sastra Kontemporer karya Narudin.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Buku Epistemofilia Dialektika Teori Sastra Kontemporer Narudin 

0 Response to "EPISTEMOFILIA | Dialektika Teori Sastra Kontemporer Narudin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel