Halaman

Penggunaan Media “Digital Wordsearch Sheet” untuk Menumbuhkan Rasa Senang dan Motivasi Peserta Didik dalam Belajar

Mengerjakan Lembar "Digital Wordsearch" (Dok. Pribadi)

Penggunaan Media “Digital Wordsearch Sheet”
untuk Menumbuhkan Rasa Senang dan Motivasi Peserta Didik dalam Belajar
Oleh: Cecep Gaos

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk menumbuhkan rasa senang dan motivasi pada diri peserta didik dalam belajar. Salah satunya dengan penggunaan media dalam pembelajaran.

Media adalah bentuk jamak dari kata medium, yang berarti perantara. Di dalam KBBI daring, media diartikan sebagai alat; alat (sarana) komunikasi; perantara; atau penghubung. Sedangkan di dalam Wikipedia disebutkan bahwa media dapat mengacu kepada beberapa hal berikut, yaitu media dalam komunikasi, multimedia, dan medium untuk seorang seniman menghasilkan karya. Sementara itu Gagne (1970, dalam Mahnun, Nunu: 2012) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.

Sementara itu, di dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian disebutkan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik, antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Sedangkan menurut Briggs dalam Akhmad Sudrajat (2011: 12, dalam Joni Purwono, et al: 2014) media pembelajaran merupakan sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti: buku, film, video, dan sebagainya.  

Dari pengertian-pengertian tersebut, secara sederhana dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat atau sarana untuk menyampaikan materi pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

Bentuk media pembelajaran secara garis besar dapat dibagi menjadi dua, yaitu media digital dan nondigital. Kedua bentuk ini bisa dipilih dan diciptakan oleh seorang guru sesuai dengan inovasi dan kreativitasnya masing-masing. Sebetulnya telah banyak media-media pembelajaran yang telah diciptakan dan digunakan oleh para guru.

Salah satu media pembelajaran yang telah saya coba terapkan adalah media digital wordsearch sheet atau lembar pencarian kata dalam bentuk digital.
Media "Digital Wordsearch Sheet" (Dok. Pribadi)
Media digital wordsearch sheet ini, secara prinsip penggunaannya tidak jauh berbeda dengan media wordsearch sheet konvensional atau nondigital. Hanya saja, lembaran kerjanya dibuat dalam bentuk file digital (dalam hal ini file pdf) dan dibuka serta dikerjakan menggunakan Tablet with S-Pen. Dalam hal ini, saya menggunakan Samsung Galaxy Tab A-8 with S-Pen yang digunakan di SMP Puri Artha Karawang.

Samsung Galaxy Tab A-8 with S-Pen ini sangat memungkinkan untuk digunakan dalam pembelajaran dengan menerapkan media digital wordsearch sheet. Hal ini dikarenakan Tab ini sudah dilengkapi dengan S-Note dan S-Pen, yang dapat digunakan untuk melakukan tulis menulis secara digital.

Sebelum melakukan proses pembelajaran, tentu saja kita harus mempersiapkan lembar wordsearchnya. Untuk membuat lembar ini, sebenarnya banyak aplikasi pembuat lembar wordsearch yang bisa kita manfaatkan. Namun dalam hal ini, saya menggunakan aplikasi pembuat lembar  wordsearch online pada tautan INI. Saya menggunakan aplikasi ini karena cara pembuatan lembar wordsearchnya lebih sederhana dan mudah. Kita tinggal memasukkan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sudah kita siapkan. Lalu kita tentukan berapa panjang jumlah huruf ke bawah dan ke samping. Jenis huruf pun bisa kita sesuaikan, apakah mau menggunakan huruf kecil atau kapital. Selain ke bawah dan ke samping, arah katanya pun bisa kita tambahkan dengan arah diagonal. Setelah itu kita klik Create untuk membuat lembar wordsearchnya. File yang dihasilkan berbentuk file pdf. Kemudian filenya kita konversi ke jenis jpg atau gambar agar bisa diintegrasikan dengan file pertanyaan yang sudah kita buat di micrososft word. Setelah digabungkan, kita konversi lagi filenya ke bentuk pdf agar formatnya tidak mudah berubah.  
Online Wordsearch Generator (Sumber: Tangkapan layar https://www.education.com)
Setelah lembar wordsearchnya dibuat, filenya kita kirim ke Tablet peserta didik masing-masing melalui Google Classroom mapel yang kita ajar. Setelah menerima filenya, lalu mereka download dan buka kembali file lembar wordsearchnya untuk kemudian dikerjakan menggunakan S-Pen yang ada pada Tablet mereka.
Mengerjakan lembar "Digital Wordsearch" (Dok. Pribadi)
Ketika mengerjakan lembar wordsearchnya melalui Tablet masing-masing, mereka terlihat antusias dan cukup fokus karena harus mencari kata jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada di bagian bawahnya.

Pada kegiatan ini, selain pemahaman mereka mengenai materi pembelajaran, diperlukan juga ketelitian dan kesabaran. Karena mereka harus mencari kata jawaban dari kumpulan-kumpulan huruf yang ada, baik secara mendatar, menurun, maupun diagonal.

Setelah selesai mengerjakan lembar wordsearch digitalnya, mereka diberikan tautan angket yang sudah saya siapkan dalam bentuk QR Code (Quick Response Code) untuk mengetahui seperti apa tanggapan mereka terhadap penggunaan media pembelajaran digital wordsearch sheet ini.
Memindai QR Code Angket (Dok. Pribadi)
Dari hasil angket tersebut, diketahui bahwa mereka cukup senang dan termotivasi dalam belajar dengan adanya penggunaaan media digital wordsearch sheet ini. 
Hasil angket (Dok. Pribadi)
Hasil angket (Dok. Pribadi)
Semoga dengan penerapan media pembelajaran digital wordsearch sheet ini motivasi para peserta didik dapat meningkat dan prestasi belajar mereka pun pada akhirnya bisa meningkat. []   
       
#CG @Karawang, 28-01-2018


DAFTAR PUSTAKA

KBBI Daring. Pengertian Media.  28 Januari 2019.

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 37, No. 1 Januari –Juni 2012.

Purwono, joni, et al. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 2, hal 127 – 144, Edisi April 2014.

Wikipedia. Pengertian Media. 28 Januari 2019.


0 Response to "Penggunaan Media “Digital Wordsearch Sheet” untuk Menumbuhkan Rasa Senang dan Motivasi Peserta Didik dalam Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel