Halaman

Upaya Menumbuhkan Kesalehan dan Sikap Spiritual pada Generasi Milenial Melalui Kegiatan "966"

Dok. Pribadi
Upaya Menumbuhkan Kesalehan dan Sikap Spiritual pada Generasi Milenial Melalui Kegiatan "966"
Oleh: Cecep Gaos, S.Pd

Perkembangan teknologi digital dan internet abad 21 sangat rawan akan masuknya paham-paham dan nilai-nilai budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia ke dalam hati dan pikiran para milenial. Hal ini akan menyebabkan semakin tergerusnya nilai-nilai moral dan spiritual mereka.
Untuk menangkal masuknya paham-paham dan nilai-nilai budaya yang tidak sesuai ini, maka diperlukan upaya-upaya yang dapat membekali dan membentengi hati dan pikiran mereka.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh SMP Puri Artha Karawang dalam menangkal dan membentengi para peserta didiknya dari dampak negatif perkembangan abad 21 ini adalah dengan kegiatan "966yang dilakukan rutin setiap hari. Kegiatan 966 adalah kegiatan membaca 9 kali Istigfar dan 66 kali Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil.

Kegiatan membaca Istigfar, Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil ini tersebar ke dalam tiga kegiatan keagamaan rutin harian.  

Kegiatan yang pertama adalah salat duha bersama. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09.20 s.d. 09.40. Di dalam kegiatan ini, tepat setelah melaksanakan salat duha, para peserta didik dan guru mengucapkan Istigfar (permohonan ampun kepada Allah Swt) sebanyak tiga kali. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa salat duha. Setelah itu, dilanjutkan dengan musafahah atau bersalaman antara para peserta didik dengan para guru.

Kegiatan yang kedua adalah salat zuhur berjamaah. Di dalam kegiatan ini, setelah selesai melaksanakan salat, para peserta didik dan guru membaca Istigfar sebanyak tiga kali. Setelah itu, membaca kalimat Tasbih (kalimat mensucikan Allah Swt) sebanyak 33 kali, Tahmid (kalimat memuji Allah Swt) sebanyak 33 kali, Takbir (kalimat mengagungkan Allah Swt) sebanyak 33 kali, dan Tahlil (kalimat tauhid) sebanyak 33 kali. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa untuk kedua orang tua dan doa Sapu Jagat atau doa memohon keselamatan di dunia dan di akhirat. Kemudian diakhiri dengan kegiatan Musafahah.
Dok. Pribadi
Pembacaan Istigfar, Tasbih, Tahmid, Takbir, Tahlil, doa Sapu Jagat, dan diakhiri dengan kegiatan Musafahah ini, juga dilakukan setelah pelaksanaan salat asar berjamaah dengan urutan bacaan-bacaan yang sama dengan bacaan-bacaan setelah salat zuhur.

Kegiatan keagamaan rutin harian ini diimami atau dipimpin oleh satu peserta didik laki-laki secara bergantian yang dibimbing oleh guru, dalam hal ini terutama guru agama. Dengan demikian, setiap peserta didik mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi imam. Hal ini diharapkan, ketika sudah terjun ke masyarakat, selain mempunyai kesalihan, mereka juga mempunyai keberanian dan kemampuan menjadi imam.

Adapun bacaan Istigfar dan artinya adalah sebagai berikut.
Sumber: Tangkapan Layar @http://www.mediapustaka.com

Sementara itu, bacaan Tasbih, Tahmid, dan Takbir beserta artinya adalah sebagai berikut.
Sumber: http://www.bacadisini.co.id

Sedangkan bacaan Tahlil dan artinya adalah sebagai berikut.
Sumber: www.imgrumweb.com

  Adapun doa untuk orang tua adalah sebagai berikut.
Sumber: http://www.doaharianislami.com

Sedangkan doa Sapu Jagat adalah sebagai berikut.
Sumber: https://abufawaz.wordpress.com

Demikianlah pemaparan tentang kegiatan 966 yang dilaksanakan secara rutin setiap hari di SMP Puri Artha Karawang. Semoga dengan kegiatan ini, para peserta didik dapat memiliki kesalehan dan sikap spiritual yang baik untuk menghadapi kehidupan mereka yang akan datang. Insyaallah. []

#CG @Karawang, 29-01-2019

0 Response to "Upaya Menumbuhkan Kesalehan dan Sikap Spiritual pada Generasi Milenial Melalui Kegiatan "966""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel