Halaman

Berkat Kreativitas, SMP Puri Artha Meroket


Dok. Pribadi
Berkat Kreativitas, SMP Puri Artha Meroket
Oleh: Cecep Gaos, S.Pd

Pada hari Senin (04/03/2019) di SMP Puri Artha terlihat keseruan. Berawal dari sekira pukul 11, anak-anak kelas VII dengan didampingi wali kelas terlihat seru dan antusias dengan barang-barang yang telah mereka siapkan dan bawa dari rumah masing-masing. Ada yang membawa botol air mineral bekas berukuran besar, cat semprot, cat warna, kardus, lakban, gunting, cutter, plastik, benang, pentil ban, lem tembak, pipa, pompaan, dan lain sebagainya.

Mereka terlihat berkelompok. Pada setiap kelompok, mereka saling berbagi tugas. Ada yang mengecat botol air mineral, ada yang menghiasnya, ada yang memotong kardus, ada yang googling menggunakan Tab-nya, dan lain sebagainya.
Dok. Pribadi
Di sela-sela kesibukan mereka, saya bertanya kepada masing-masing kelompok tentang apa yang akan mereka buat. Dari jawaban mereka diketahui bahwa mereka sedang meroket (baca: membuat roket).
Dok. Pribadi
Di dalam Wikipedia disebutkan bahwa roket air adalah salah satu jenis roket yang menggunakan air sebagai bahan bakarnya. Wahana tekan yang berfungsi sebagai mesin roket biasanya terbuat dari botol plastik bekas minuman ringan. Air dipaksa keluar oleh udara yang bertekanan, biasanya udara yang telah terkompresi.

Sebelum mereka menyelesaikan roket airnya secara utuh, waktu telah menunjukkan pukul 12.00. Ini artinya sudah memasuki waktu salat zuhur dan istirahat yang kedua. Segala kegiatan meroket pun akhirnya dihentikan untuk sementara waktu.

Setelah waktu salat zuhur dan istirahat selesai, kegiatan meroket ini dilanjutkan. Namun setelah 40 menit berlangsung, kegiatan meroket tidak dilanjutkan untuk sementara, karena anak-anak memiliki jadwal pelajaran lain sampai waktu salat asar.

Selepas salat asar, wali kelas memutuskan untuk mengujicoba "mesin" salah satu roket yang belum  selesai atau utuh kelengkapannya apakah berfungsi atau tidak. Dengan berkoordinasi dengan pembina ekskul science club, kegiatan ekskul science clubnya diisi dengan ujicoba ini bersama-sama di halaman sekolah.
Dok. Pribadi
Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya ujicoba ini dan melihat sebagian keseruannya, silakan tonton video berikut.



Itulah kegiatan meroket yang berlangsung pada hari tersebut. Menurut wali kelas, karena roket dari masing-masing kelompok belum ada yang selesai, maka kegiatan meroket ini akan dilanjutkan pada hari Jumat yang akan datang (08/03/2019). Pada hari tersebut, setelah roket-roket dari masing-masing kelompok selesai, rencananya peluncuran roketnya akan dilombakan.

Demikianlah sepenggal kreativitas yang dimiliki dan ditunjukkan oleh guru-guru dan anak-anak SMP Puri Artha. Dengan kreativitas, Insyaallah cita-cita luhur SMP Puri Artha untuk mencetak generasi emas yang unggul akan dapat terwujud. Kemudian pada akhirnya, prestasi SMP Puri Artha akan benar-benar bisa meroket, baik prestasi akademis maupun nonakademis. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. []

#CG @Karawang, 05/03/2019

2 Responses to "Berkat Kreativitas, SMP Puri Artha Meroket"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel