Halaman

Kiat dan Contoh "Motivation Letter" dan "Letter of Recommendation" Agar Terpilih Menjadi Peserta SCS Seameo Qitep in Science (SEAQIS) Tahun 2020

Logo Seaqis (Sumber:  rnd.qitepinscience.org)

Literahati.com - Beberapa hari yang lalu (27/01/2020), Seameo Qitep in Science (SEAQIS) telah merilis informasi dan membuka pendaftaran pelatihan perdana SEAQIS di tahun 2020, yaitu kursus pelatihan SCS (Science Classroom Supervision). Informasi tersebut dapat dibaca DISINI. 

Ada beberapa yang harus dilakukan dan disiapkan agar dapat terpilih menjadi peserta kursus pelatihan SCS tahun 2020 ini. 

Salah satu hal yang paling penting adalah melakukan pendaftaran online secara benar dan menyiapkan Resume/Curriculum Vitae (CV) serta berkas-berkas yang disyaratkan. Resume/CV ini dibutuhkan untuk mengisi poin-poin yang terdapat pada formulir pendaftaran online kursus pelatihan SCS Tahun 2020.

Isi Resume/CV yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

1) Personal Data (Data Diri)
Data diri yang dibutuhkan adalah NIK, Name without academic title (nama tanpa gelar), Name with academic title  (nama dengan gelar), Birth Place (tempat lahir), Birthday (tanggal lahir), dan Gender (jenis kelamin). 
SS (Sumber: SCS Reg. Form)

2) Contact Data (Data Kontak)
Data kontak yang dibutuhkan adalah Email, Mobile Phone (HP), Address (Alamat Lengkap), dan Postal Code (Kode Pos).
SS (Sumber: SCS Reg. Form)

3) Education and Occupation (Latar Belakang Pendidikan dan Pekerjaan)
Data latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang dibutuhkan adalah Latest Education (Pendidikan Terakhir), Major (Jurusan), Occupation (Pekerjaan), dan Teaching Experience (Pengalaman Mengajar - lama mengajar dalam tahun) 
SS (Sumber: SCS Reg. Form)

4) Institution Data (Data Lembaga)
Data lembaga yang dibutuhkan adalah Institution/School Name (Nama Sekolah/Lembaga), Address (Alamat lembaga lengkap), Postal Code (Kode Pos), Email (jika ada), Phone Number (No. Telp), Fax (jika ada), dan Website (jika ada).
SS (Sumber: SCS Reg. Form)

5) Emergency Contact (Kontak Darurat)
Data kontak darurat yang dibutuhkan adalah Full Name (Nama Lengkap), Relationship (Hubungan), Mobile Phone (No. HP), dan Email.
SS (Sumber: SCS Reg. Form)

6) Supporting Data (Data Pendukung)
Data pendukung yang dibutuhkan adalah Organisation Experience (Pengalaman Organisasi 1 tahun terakhir), Achievement (Pencapaian/Prestasi 1 tahun terakhir), Training Experience (Pengalaman Mengikuti Pelatihan 1 tahun terakhir), Motivation (Motivasi mengikuti pelatihan), Letter of Recommendation (Surat Rekomendasi yang ditanda tangani oleh ketua MGMP/KKG/KKKS/MKKS), dan Photo
SS (Sumber: SCS Reg. Form)
Selain Resume/CV, perlu disiapkan juga soft copy/file berkas-berkas berikut ini. 
  • Letter of Recommendation (Surat Rekomendasi yang ditanda tangani oleh ketua MGMP/KKG/KKKS/MKKS) dalam bentuk docx, doc, pdf, atau odt dengan ukuran file maksimal 2MB.
  • Photo dalam bentuk bmp, jpg, jpeg, atau png dengan ukuran file maksimal 2MB.

Selain hal-hal di atas, tentu saja harus disiapkan juga berkas persyaratan lain yang dipersyaratkan untuk mengikuti pelatihan SCS ini seperti Surat Dokter/Kesehatan. Persyaratan lengkap dapat dibaca DISINI.

Berikut ini adalah contoh Motivation Letter.


Motivation Letter tersebut dapat diunduh DISINI

Berikut ini adalah contoh Letter of Recommendation.


Letter of Recommendation tersebut dapat diunduh DISINI.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Secretariat of SEAMEO Regional Centre for QITEP in Science (Mr Girindra Adyapradana) di:
telepon: +62 22 4218739
faks: +62 22 4218749
email: secretariat@qitepinscience.org
website: http://www.qitepinscience.org

Demikianlah kiat dan contoh berkas persyaratan yang dibutuhkan agar terpilih menjadi peserta kursus pelatihan SCS (Science Classroom Supervision) Seameo Qitep in Science (SEAQIS) Tahun 2020. 

Semoga bermanfaat.


0 Response to "Kiat dan Contoh "Motivation Letter" dan "Letter of Recommendation" Agar Terpilih Menjadi Peserta SCS Seameo Qitep in Science (SEAQIS) Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel